2012-10-29 19:29:34 By Tukang Keboen @ HTML

Apa itu HTML5 ?

HTML5 adalah bahasa inti dari World Wide Web, setiap halaman website yang kita browsing lewat internet ditampilkan lewat bahasa HTML dan seiring waktu bahasa HTML mengalami perkembangan yang sampai saat ini telah memiliki versi terbaru yaitu HTML versi 5 atau yang biasa disebut dengan HTML5.

Didalam blog ini akan dibahas mengenai perbedaan mendasar antara HTML versi sebelumnya dengan HTML5 ini dan pengaruhnya terhadap pengguna internet maupun para developer website.

Versi terbaru dari HTML

Mengapa HTML5 ?
Saat ini kita tidak hanya bisa browsing konten website melalui PC (Personal Computer) banyak diantara kita yang beralih mengakses konten website melalui mobile device seperti smart phone, internet browser berkembang dari waktu ke waktu agar bisa mendukung setiap aplikasi dan perangkat yang berkembang dipasaran, namum perlu adanya suatu standarlisasi agar browser masa kini tetap bisa kompetible dengan aplikasi-aplikasi yang berkembang pesat.

Pernahkah anda mengalami kondisi dimana website yang memiliki konten video tidak dapat diakses atau diputar saat menggunakan browser lewat smartphone ? dan pesan yang anda terima adalah bahwa browser anda tidak memiliki aplikasi Flash dan harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu ?

Kondisi tersebut terjadi karena syarat untuk memutar konten video lewat browser adalah anda harus menginstall aplikasi pendukung, mayoritas browser versi terbaru telah secara otomatis menginstall aplikasi ini pada browser anda tetapi tetap saja ada browser tertentu yang tidak secara otomatis menyertakan aplikasi tersebut.

HTML5 & FLASH

Salah satu keunggulan HTML5 adalah menjadikan video tag & audio tag sebagai bagian dari spesifikasi dasar HTML, sehingga file video dapat ditayangkan tanpa harus memasang aplikasi tambahan yang umumnya kita pakai adalah FLASH dari Macromedia.

Bedanya adalah HTML adalah open source dimana semua orang dapat memakainya dan memilikinya dan FLASH adalah milik Adobe Marcormedia, HTML5 banyak mengembangkan fitur-fitur yang tadinya hanya bisa dilakukan aplikasi FLASH, beriktu ini beberapa daftar tentang perbedaan HTML5 dengan FLASH dan  pengaruh HTML5 terhadap perkembangan website kedepannya.

  1. Pengembangan / developer tidak perlu selalu mendownload versi terbaru dari HTML hanya perlu mengikuti apa saja Tag html baru yang diliris, dimana sangat berbeda dengan cara kerja FLASH yang harus mengikuti versi terbaru dan mendownload versi terbarunya agar konten tertentu dapat bekarja dengan baik..
  2. Tidak perlu biaya apapun untuk menggunakan HTML5.
  3. FLASH masih memiliki masalah serius tentang keamanan.
  4. Karena HTML bersifat open source, maka pengembangannya akan terus bertambah karena banyak developer terhebat dunia terus ikut memberikan kontribusinya dan tanpa kita harus membayar mereka.
  5. Bagi browser lama yang tidak mengerti HTML5 akan secara otomatis mengabaikan tag-tag HTML5 dan tetap menyediakan halaman website dengan  tidak menganggu/merusak penampilannya.
  6. Kedepannya proses Embedding video kedalam website akan menjadi lebih gampang dan terstandarlisasi dengan HTML5, file video atau audio akan lebih gampang dipasang pada website dan dapat dinikmati pada platfom manapun seperti mobile devide dsb..

Walaupun saat ini tidak semua browser mendukung tag HTML5, tetapi itu hanyalah masalah waktu apalagi hampir semua browser mobile sudah mendukung HTML5, karena dianggap dapat bekerja dengan baik dihapir semua jenis devices dan OS.


Topik Terbaru
Kategori