Cara membuat agar kontent website kita tidak di Copy Paste oleh pengunjung
05 Nov 2012 11:26:29 @ Internet

Sebagai seorang web developer, saya banyak menemui client yang meminta untuk membuat kontent website mereka tidak dapat di copy paste oleh pengunjung dan mereka banyak yang tau ada cara tertentu yang bisa dipakai untuk mencegah pengunjung klik kanan pada mouse dan klik save atau copy pada website yang ingin mereka copy.

berikut ini adalah salah satu cara yang bisa dipakai untuk menonaktifkan fungsi klik kanan dengan javascript :

var message="";
function clickIE() {if (document.all) {(message);return false;}}
function clickNS(e) {if
(document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(message);return false;}}}
if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS;}
else{document.onmouseup=clickNS;document.oncontextmenu=clickIE;}
document.oncontextmenu=new Function("return false")

 

Tetapi yang ingin saya bahas disini bukan cara untuk menonfaktifkan fungsi klik kanan maupun fungsi copy paste pada browser, sebab menurut saya tidak ada satupun cara yang benar-benar efektif untuk mencegah orang yang berniat untuk copy content anda dari website, berbagai cara dan teknik tersedia di internet untuk membantu anda mencegah itu tetapi di internet juga tersedia berbagai cara untuk mematahkan pencegahan yang telah anda pasang pada website anda (bahkan sangat gampang), jadi janganlah terlalu membuang waktu dan kecemasan anda pada bagian ini.

Jika anda tetap menginginkan kontent / materi website anda tidak dapat diambil oleh pengunjung website maka cara yang paling baik adalah Jangan pernah menaruh kontent / materi anda di Internet

Sebab ketika anda sudah menaruh informasi apapun ke internet maka itu sudah milik "umum" dan pada intinya anda harus mengubah mindset anda bahwa informasi yang anda taruh di website anda memang adalah untuk berbagi, bukan berarti saya mendukung copy paste content hanya karena itu sudah menjadi kenyataan.

Biasanya saya akan menjelaskan alasan tidak efektifnya pencegahan kepada client saya dengan alasan sebagai berikut :

  1. Jika benar-benar ada orang yang ingin atau sangat berniat mengambil isi dari website anda dan anda mencegahnya dengan teknik menonaktifkan fitur klik-kanan pada website, itu hanya akan membuat orang tersebut semakin penasaran dengan apa yang anda sembuyikan dan sangat berkemungkinan membuat orang-orang seperti itu mencari berbagai cara untuk mencari celah website anda (itu bukanlahh hal yang bagus).
  2. Sangat banyak cara yang tersedia untuk mematahkan pencegahan yang anda pasang pada website baik itu menggunakan kode Javascript ataupun yagn lain, salah satu contohnya : jika anda menggunakan kode javascript yang saya posting diatas untuk membuat pengunjung tidak dapat klik-kanan pada mouse, maka pengunjung tinggal menon afktifkan program Javascript pada browsernya agar javascript anda tidak berfungsi dan masih banyak cara lainnya.
  3. Fitur pencegahan semacam ini adalah untuk mencegah minoritas (sedikit dari pengunjung website yang mempunyai niat tidak baik) tetapi dengan begitu anda telah menganggu kenyamanan pengunjung mayoritas anda yang tidak berniat copy paste, bayangkan apa yang terjadi jika pengunjung anda merasakan manfaat dari website anda dan ingin klik kanan untuk "Bookmark This Page" dan menemui fungsi klik kanan pada website anda tidak berfungsi ? ada orang yang mengatakan untuk Bookmark sebuah website juga bisa melalui toolbar pada browser, iya betul.. tetapi jangan pernah berangapan semua pengunjung atau pengguna internet mengerti tentang itu, setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam menggunakan fitur pada browser seperti fungsi klik kanan yang sengaja dibuat untuk mempermudah pengguna browser tetapi website anda malah membuatnya menjadi sulit.

Jika website anda mengandung gambar-gambar yang harus diproteksi maka cara yang disarankan adalah :

  1. Memberikan tanda pada gambar anda, contohnya memberikan logo / tanda pada bagian yang berkualitas tinggi agar walaupun gambar anda di copy maka tetap tidak kehilanggan identitas pemilik asli nya.
  2. Hanya menerapkan "Disable Right Clik" pada gambar saja.

 

Jika anda tetap menginginkan kontent / materi website anda tidak dapat diambil oleh pengunjung website maka cara yang paling baik adalah Jangan pernah menaruh kontent / materi anda di Internet.

comments powered by Disqus
Topik Terbaru
Kategori