Apa itu CSS
03 Nov 2012 10:06:36 @ CSS

Perkenalan Dasar Tentang CSS

Cascading Style Sheets adalah kepanjangan dari CSS, yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun 1990 dengan tujuan memberikan kemudahan bagi pengembang website dalam memisahkan antara kontent website dan pengaturan tampilan website. Penggunaan CSS sangat memudahkan pengerjaan pengembangan halaman website, dimana setiap file .CSS yang dibuat dapat digunakan secara global dan membuat perubahan pada tampilan website menjadi lebih cepat dan praktis.

Bentuk sederhana dari CSS adalah seperti contoh dibawah ini :

#contentHeading {
   font-size : 16px;
   color : #363636;
   text-decoration : underline;
   font-weight : bold;
}

atau

.contentHeading {
   font-size : 16px;
   color : #363636;
   text-decoration : underline;
   font-weight : bold;
}

# adalah penggunaan pada elemen ID

. adalah penggunaan pada elemen Class

 

Versi CSS yang sangat umum dipakai adalah CSS 2.1, tetapi saat ini telah muncul versi CSS3 yang memperkenalkan fitur yang lebih luas dan lengkap.  Contohnya seperti menambahkan fitur "Shadow", "Rounded Border", "Animasi" dsb.. yang biasanya mesti memakai javascript / Jquery untuk menghasilkan efek seperti itu.

Tidak semua browser mendukung CSS3 pada saat ini, contohnya seperti Internet Explorer yang membuat saya sendiri merasa cukup pusing dengan cara penerjemahannya terhadap CSS, yang kadang-kadang membuat waktu pengembangan menjadi lebih panjang dan lebih mahal, tetapi itu hanyalah masalah waktu bagi produsen browser untuk mengadopsi CSS sebagai standar dalam pengembangan browser baru karena diyakini teknologi CSS akan terus berkembang dan menjadi lebih baik, sesuatu yang lebih baik itu tentunya akan diadopsi bukan ? ketika itu terjadi maka bukan hanya para pengembang website yang merasakan keuntungan tetapi juga para konsumennya.

comments powered by Disqus
Topik Terbaru
Kategori